Rabu, 20 Oktober 2010

Petai Efektif Tingkatkan Kemampuan Otak

Petai merupakan sejenis tumbuhan dalam family Leguminosae yang berasal dari kawasan Asia Tenggara yang beriklim panas lembap. Pohon ini pada mulanya tumbuh liar di dalam hutan-hutan Indonesia, Malaysia, Brunei dan Thailand, tetapi sekarang banyak dibudidayakan. Nama botaninya Parkia speciosa.

    Petai mengandung zat asam amino dan karbohidrat kompleks yang dapat
menyebabkan air kencing berbau menyengat dan khas. Menurut penelitian, petai mengandung:


  • Lemak: 0.8183%




  • Protein: 5.2%




  • Karbohidrat: 2.06%




  • Kalori: 36,647%




  • Vitamin C: 4.18335




  • Air: 25.38%




  • Abu: 0.95%




  • Serat kasar: 22.30%




  • Gula: 0.916 ppm




  • Kalsium: 1.35 ppm




  • Kalium: 842.45 ppm




  • magnesium: 7.8 ppm,




  • dan lain-lain.







  •         Pohon petai tumbuh tegak dengan batang kayu keras dan daun bentuk yang khas, memiliki ketinggian dapat mencapai 30 meter. Petai berbuah dalam bentuk papan, biji berwarna hijau muda. Bunga petai berwarna putih kekuningan, berbentuk bulat dan terbentuk diujung dahan.
    Memakan petai sangat bermanfaat bagi tubuh kita, walau terkenal karena baunya yang menyengat, setingkat di bawah jengkol. Masyarakat Indonesia, terutama kalangan bawah sudah terbiasa makan petai, selain murah dan mudah didapat, ternyata memakan petai juga dapat meningkatkan stamina bagi para pekerja keras.
    Di bawah ini merupakan sebagian dari manfaat-manfaat petai:

    1. Meningkatkan Kemampuan Otak
    Dua ratus siswa di Twickenham (Middlesex, England) tertolong dengan mudah melalui ujian pada tahun ini karena memakan petai pada saat sarapan, istirahat, dan makan siang. Riset telah membuktikan bahwa buah dengan kandungan kalium tinggi dapat membantu belajar dengan membantu siswa semakin waspada.

    2. Menghasilkan Tenaga Instan yang Besar
    Petai memiliki 3 macam gula alami yaitu sukrosa, fruktosa dan glukosa yang dikombinasikan dengan serat. Kombinasi kandungan ini mampu memberikan dorongan tenaga yang instan, namun cukup lama dan cukup besar efeknya.

    Riset membuktikan dua porsi petai mampu memberikan tenaga yang cukup untuk melakukan aktivitas berat selama 90 menit. Makanya jangan heran jika petai adalah buah yang disukai oleh para pekerja keras dan, bahkan atlet top. Penelitian juga membuktikan bahwa petai tidak hanya memberikan energi, namun juga mampu mencegah bahkan mengatasi beberapa macam penyakit dan kondisi buruk. Ini membuat petai menjadi salah satu makanan penting dalam makanan keseharian kita.

    3. Mengatasi Anemia
    Dengan kandungan zat besi yang tinggi, petai dapat menstimulasi produksi sel darah merah dan membantu apabila terjadi anemia.

    4. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
    Buah tropis unik ini sangat tinggi kalium, tetapi rendah garam, sehingga sangat sempurna untuk memerangi tekanan darah. Begitu tingginya, sehingga FDA Amerika mengizinkan perkebunan petai untuk melakukan klaim resmi mengenai kemampuan buah ini untuk menurunkan resiko tekanan darah dan stroke.

    5. Mengatasi Depresi
    Menurut survei yang dilakukan oleh MIND diantara pasien penderita depresi, banyak orang merasa lebih baik setelah makan petai. Hal ini terjadi karena petai mengandung tryptophan, sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin. Zat inilah yang membuat orang jadi rileks, mampu memperbaiki mood dan secara umum membuat seseorang lebih bahagia.

    Ada banyak lagi manfaat petai untuk otak, terutama untuk pelajar...
    to be continue 
    www.suaramedia.com


    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar